Latar Belakang

Kerangka Konseptual Masalah Gedung Olah Raga
03/12/2017

Pembangunan bangsa tidak terlepas dari pembangunan Sumber Daya Insani (SDI) yang menekankan pada pembangunan jiwa dan raga atau jasmani serta rohani. Bangsa yang kuat dan besar terutama ditentukan oleh SDI-nya. Melalui olahraga keberadaan suatu bangsa juga dapat dihadirkan secara global pada dunia.Pembangunan bangsa tidak terlepas dari pembangunan Sumber Daya Insani (SDI) yang menekankan pada pembangunan jiwa dan raga atau jasmani serta rohani. Bangsa yang kuat dan besar terutama ditentukan oleh SDI-nya. Melalui olahraga keberadaan suatu bangsa juga dapat dihadirkan secara global pada dunia.

Di banyak negara, olahraga ternyata bukan saja merupakan aktifitas yang memberikan manfaat intangible bagi bangsa, tetapi ketika dikelola dengan baik, olahraga akan menjelma menjadi industri yang mampu mempekerjakan ribuan tenaga kerja serta menjadi sumber pendapatan pajak bagi pemerintah. Ketika sedang membangun moral bangsa melalui prestasi olahraga, sebenarnya juga sedang membangun ekonomi bangsa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Paramadina Public Policy Institute, terdapat beberapa pokok perhatian mereka tentang faktor-faktor yang menyebabkan turunnya prestasi olahraga. Berikut beberapa pokok masalah yang diidentifikasi:

  1. Profesi Atlet Tidak Menarik bagi Anak Bangsa
  2. Olahraga Tidak Terbangun Secara Terintegrasi dengan Sistem Pendidikan
  3. Minimnya Dana Untuk Pembinaan Olahraga
  4. Belum Optimalnya Keterlibatan Berbagai Pihak, terutama Pihak Swasta, dalam Pembinaan Olahraga
  5. Sarana dan Prasarana Olahraga yang Minim
  6. Strategi, Peran dan Prioritas Pemerintah