BAB 2: KAJIAN KEBUTUHAN

BAB 1: LATAR BELAKANG
18/12/2018
BAB 3: KAJIAN KEPATUHAN
18/12/2018

Tujuan dari Kajian Kebutuhan adalah untuk menguraikan dan memastikan adanya kebutuhan pengembangan dan/atau pengelolaan Bandara secara berkelanjutan. Beberapa hal yang perlu disimpulkan dalam Kajian Kebutuhan adalah:

  1. 1. kepastian KPBU memiliki dasar pemikiran teknis dan ekonomi berdasarkan analisis data sekunder yang tersedia;
  2. 2. kepastian KPBU mempunyai permintaan yang berkelanjutan dan diukur dari ketidakcukupan pelayanan, baik secara kuantitas maupun kualitas, berdasarkan analisis data sekunder yang tersedia; dan
  3. 3. kepastian KPBU mendapat dukungan dari pemangku kepentingan yang berkaitan, salah satunya melalui Konsultasi Publik.

Sistematika pembahasan dan panduan isi dari masing-masing pembahasan diuraikan di bawah ini.

DASAR PEMIKIRAN TEKNIS

Beberapa hal yang yang dapat diuraikan dalam Dasar Pemikiran Teknis ini adalah sebagai berikut:

  1. 1. Menjelaskan bandara eksisting

Pada bagian ini dapat diuraikan misalnya pengelola bandara, klasifikasi bandara, peran bandara bagi wilayah, dan sebagainya.

  1. 2. Menjelaskan kondisi pelayanan Bandara

Pada bagian ini perlu dijelaskan kinerja pelayanan Bandara saat ini, seperti misalnya jumlah penumpang, maskapai penerbangan yang beroperasi, rute-rute penerbangan, fasilitas yang tersedia (fasilitas sisi udara, fasilitas sisi darat, fasilitas navigasi penerbangan, fasilitas alat bantu pendaratan, fasilitas komunikasi penerbangan, serta fasilitas penunjang dan utilitas).

Pada bagian ini juga perlu disimpulkan bagaimana kebutuhan layanan pengusahaan bandara (secara utuh maupun hanya bagian dari layanan pengusahaan bandara) dapat dipenuhi melalui konsep layanan pengusahaan bandara yang memadai.

  1. 3. Menjelaskan kebutuhan pengembangan pelayanan Bandara

Berdasarkan kondisi pelayanan diatas, diuraikan secara umum kebutuhan pengembangan pelayanan Bandara.

  1. 4. Menjelaskan garis besar rencana pengembangan Bandara

Menguraikan secara skematis rencana proyek pengembangan bandara berdasarkan kebutuhan yang diuraikan sebelumnya dalam rangka mencapai target atau sasaran yang dituju. 

DASAR PEMIKIRAN EKONOMIS

Tujuan dari kajian pemikiran ekonomis ini untuk melihat nilai ekonomi proyek pengembangan bandara tersebut jika dilaksanakan.

Beberapa hal yang perlu dikaji (berdasarkan data sekunder) adalah diantaranya:

  1. 1. Manfaat ekonomi apa saja yang bisa didapatkan masyarakat dari proyek ini. Seperti misalnya adalah adanya potensi lapangan kerja, penghematan waktu tempuh penumpang, peningkatan produktivitas, peningkatan nilai properti, dan sebagainya.
  2. 2. Manfaat sosial apa saja yang bisa didapatkan masyarakat dari proyek ini. Seperti misalnya kenyamanan penumpang, peningkatan kredibilitas daerah, aktivitas calon penumpang saat waktu tunggu, dan sebagainya.

Kajian dasar pemikiran ekonomis ini dilakukan lebih secara kualitatif daripada kuantitatif dan dilakukan berdasarkan data-data sekunder atau kajian literatur.

DUKUNGAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Kajian dukungan pemangku kepentingan ini dilakukan untuk memastikan bahwa proyek pengembangan Bandara yang direncanakan telah mendapatkan dukungan oleh berbagai pihak yang diperkirakan akan terlibat atau terdampak dari proyek tersebut.

Beberapa hal yang perlu dikaji atau diuraikan diantaranya meliputi:

  1. 1. Uraian tentang pemrakarsa proyek pengembangan bandara tersebut dan mengapa pemrakarsa ingin melaksanakan proyek pengembangan bandara ini dan dukungan apa yang dapat diberikan untuk kelancaran proyek ini;
  2. 2. Uraian tentang para pemangku kepentingan yang terkait, seperti misalnya pengelola bandara saat ini, institusi yang diarahkan menjadi PJPK dan sebagainya. Hal ini dapat diperoleh dari kegiatan konsultasi publik dengan para pemangku kepentingan terkait tersebut.
  3. 3. Uraian tentang tanggapan masyarakat terhadap rencana pengembangan bandara berdasarkan hasil konsultasi publik dengan masyarakat.