BAB 1: LATAR BELAKANG

PENGANTAR
18/12/2018
BAB 2: KAJIAN KEBUTUHAN
18/12/2018

Bab Latar Belakang ini merupakan bagian pertama dari Studi Pendahuluan yang ditujukan untuk memberikan gambaran umum mengenai kondisi-kondisi yang menyebabkan perlunya ada pengembangan atau pengelolaan Bandara melalui skema KPBU.

Panduan pembahasan bagian Latar Belakang tersebut adalah sebagai berikut:

  1. 1. Kondisi Sistem layanan infrastruktur bandar udara secara umum;
  2. 2. Tipe Bandar Udara sesuai dengan jenis dan kapasitas layanannya
  3. 3. Kegiatan pengusahaan bandar udara yang akan dilaksanakan melalui KPBU, dapat terdiri atas bagian atau keseluruhan dari rincian berikut ini: 
  4. 4. a. pelayanan jasa kebandarudaraan; dan 
  5. 5. b. pelayanan jasa terkait bandar udara. 
  6. 6. Kondisi pembiayaan infrastruktur bandar udara, dan layanan bandar udara  secara umum, maupun objek kerja sama berupa layanan pengusahaan bandar udara yang akan dikembangterapkan melalui KPBU yang dimaksud, dilengkapi dengan kondisi kemampuan penganggaran oleh Pemerintah (dan / atau Pemerintah Daerah), atau pihak yang menawarkan kerja sama;
  7. 7. Kondisi umum penerbangan dan layanan bandar udara di wilayah perencanaan, bila objek kerja sama merupakan bagian dari layanan pengusahaan bandara, maka dijelaskan kondisi yang ada serta alasan peningkatan atau penambahan yang diperlukan.
  8. 8. Potensi dan kendala pengembangan dan pembiayaan Bandar Udara dan/atau bagian dari pengusahaan bandara;
  9. 9. Uraian kebutuhan pembiayaan inovatif dan alternatif untuk pengembangan Bandar Udara;
  10. 10. Kesimpulan diperlukannya penerapan skema KPBU dalam pembiayaan proyek kerjasama yang direncanakan.

Panduan pembahasan diatas dapat dimodifikasi namun benang merah yang perlu diuraikan adalah perlunya skema KPBU dalam pembiayaan proyek KPBU yang direncanakan.